YG LAIN DI SINI

Wednesday, September 20, 2017

MENULIS ANGKA LEBIH DARI 15 DIGIT DI EXCEL.


Bagi pengguna Microsoft Excel, mungkin pernah entri angka lebih dari 11 digit pada cell berformat general atau 15 digit berformat cell number, pada sebuah lembar kerja, tapi yang muncul tulisan seperti ini 1,23457E+11. Atau yang mungkin pernah menulis nomer induk kependudukan (NIK ) pada KTP yang jumlahnya 16 digit yang akan menjadi seperti ini 3,30215E+15, itu terjadi jika kita seperti biasa dalam menulis angka pada sebuh cell di excel. Menulis sebelas digit, misal 12345678901, angka masih muncul seperti yang dituliskan, tapi di digit ke duabelas akan muncul seperti ini 1,23457E+11 (format cells general). Ini akan menyulitkan jika kita mau menuliskan angka yang lebih dari 12 digit dalam di banyak cell. Entah kenapa Ms. Office tidak menyediakan cell yang mampu menampung angka lebih dari 12 digit dengan di tulis normal seperti jika kita menulis angka dibawah 12 digit. ini terjadi jika format cells masih menggunakan format general. 

Jika ingin agak panjang (15 digit) ganti format cell menjadi format number dengan cara klik kanan >>format cell >>pilih tool number >>pilih number. Pada format number, angka dibatasi hanya 15 digit, angka ke 16 akan berubah menjadi angka 0 berapa pun angka yang kita tulis.

Tapi ada cara yang bisa kita pakai untuk menuliskan angka lebih dari 12 digit. (pada format cell General) atau lebih dari 15 digit (pada format cell number).




Setidaknya ada tiga cara untuk menyiasatinya.

1.   Angka yang akan kita tulis dalam satu cell, di tulis pada dua cell yang bersebelahan, kemudian digabungkan dalam satu cell dengan menggunakan fasilitas “&”, seperti pada gambar di bawah ini:

Jika kita akan menuliskan hal tersebut dalam jumlah banyak, kita bisa menuliskan angka depan yang sama (kembar), di copy kan pada cell di bawahnya sebanyak yang diperlukan. Pada cell sebelahnya baru kita tuliskan angka-angka yang berbeda-beda. Setelah dua cell terisi semua sesuai yang diperlukan, baru meng-copy formula dari cell yang telah jadi: copy > klik kanan > paste > pilih symbol formula. Pada ms. Office 2007, copy > klik kanan > Paste special > klik formulas > ok.

Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah:


Kita bisa menuliskan angka-angka tersebut pada sisi kanan lembar yang akan kita cetak dan me-link-kan kolom angka yang akan di pakai pada kolom lembar kerja yang akan di gunakan (dicetak)



2.  Cara yang kedua, kita memberi tanda pada awal angka yang akan kita tulis, contohnya; 330215101890011, maka secara otomatis tulisan pada cell tersebut akan tertulis seperti yang kita inginkan dan tanda tidak nampak.
3.    Pada cell ( jika banyak cell, blok semua yang akan di entri) yang akan kita ketik angka, klik kanan > format cell > pilih tool Number > text > ok.



ARTIKEL TERKAIT


No comments:

Post a Comment