Bagi pengguna Microsoft Excel, mungkin pernah entri angka lebih
dari 11 digit pada cell berformat general atau 15 digit berformat cell number, pada sebuah
lembar kerja, tapi yang muncul tulisan seperti ini 1,23457E+11. Atau yang mungkin pernah
menulis nomer induk kependudukan (NIK ) pada KTP yang jumlahnya 16 digit yang akan menjadi
seperti ini 3,30215E+15, itu terjadi
jika kita seperti biasa dalam menulis angka pada sebuh cell di excel. Menulis sebelas
digit, misal 12345678901, angka masih muncul seperti yang dituliskan, tapi di
digit ke duabelas akan muncul seperti ini 1,23457E+11 (format cells general). Ini akan menyulitkan
jika kita mau menuliskan angka yang lebih dari 12 digit dalam di banyak cell. Entah
kenapa Ms. Office tidak menyediakan cell yang mampu menampung angka lebih dari
12 digit dengan di tulis normal seperti jika kita menulis angka dibawah 12
digit. ini terjadi jika format cells masih menggunakan format general.
Jika ingin agak panjang (15 digit) ganti format cell menjadi format number dengan cara klik kanan >>format cell >>pilih tool number >>pilih number. Pada format number, angka dibatasi hanya 15 digit, angka ke 16 akan berubah menjadi angka 0 berapa pun angka yang kita tulis.
Tapi ada cara yang bisa kita pakai untuk menuliskan angka lebih dari 12 digit. (pada format cell General) atau lebih dari 15 digit (pada format cell number).
Jika ingin agak panjang (15 digit) ganti format cell menjadi format number dengan cara klik kanan >>format cell >>pilih tool number >>pilih number. Pada format number, angka dibatasi hanya 15 digit, angka ke 16 akan berubah menjadi angka 0 berapa pun angka yang kita tulis.
Tapi ada cara yang bisa kita pakai untuk menuliskan angka lebih dari 12 digit. (pada format cell General) atau lebih dari 15 digit (pada format cell number).
Setidaknya ada tiga cara untuk
menyiasatinya.
1. Angka yang akan kita tulis dalam satu
cell, di tulis pada dua cell yang bersebelahan, kemudian digabungkan dalam satu
cell dengan menggunakan fasilitas “&”, seperti pada gambar di bawah ini:
Jika kita akan menuliskan hal tersebut dalam jumlah
banyak, kita bisa menuliskan angka depan yang sama (kembar), di copy kan pada
cell di bawahnya sebanyak yang diperlukan. Pada cell sebelahnya baru kita
tuliskan angka-angka yang berbeda-beda. Setelah dua cell terisi semua sesuai
yang diperlukan, baru meng-copy formula dari cell yang telah jadi: copy >
klik kanan > paste > pilih symbol formula. Pada ms. Office 2007, copy
> klik kanan > Paste special > klik formulas > ok.
Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah:
Kita bisa menuliskan angka-angka tersebut pada sisi
kanan lembar yang akan kita cetak dan me-link-kan kolom angka yang akan di
pakai pada kolom lembar kerja yang akan di gunakan (dicetak)
2. Cara yang kedua,
kita memberi tanda ‘ pada awal angka yang akan kita tulis, contohnya; ‘330215101890011, maka secara otomatis tulisan pada
cell tersebut akan tertulis seperti yang kita inginkan dan tanda ‘ tidak nampak.
3. Pada cell ( jika
banyak cell, blok semua yang akan di entri) yang akan kita ketik angka, klik
kanan > format cell > pilih tool Number > text > ok.
ARTIKEL TERKAIT
No comments:
Post a Comment