YG LAIN DI SINI

Friday, April 13, 2018

MENCARI HASIL SALAH SATU YANG DISYARATKAN DARI BANYAK PILIHAN (FUNGSI OR)


Gampang ditebak, begitu membaca fungsi OR, pasti artinya atau. OR adalah bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia artinya atau. Fungsi ini untuk mencari hasil dari beberapa data syaratkan, salah satunya sesuai ketentuan atau tidak.  Or ( atau ) merupakan kata sambung yang tidak bisa berdiri sendiri. Penerapan fungsi ini dikombinasikan dengan fungsi lain, untuk memilih salah satu diantara beberapa pilihan.

Bentuk penulisan fungsi OR adalah sebagai berikut:

=OR(logical1;logical2;logical3,....)

Logical atau logika adalah kondisi yang merupakan syarat yang akan diuji. Di excel, kita bisa membuat syarat yang dapat dipilih maksimal 255.

Di bawah ini contoh penerapan fungsi OR. Kita gambarkan sebuah perusahaan yang akan membuka lowongan kerja hanya untuk lulusan D II, D III dan S 1. Dengan demikian kita harus menyaring dari ribuan pendaftar yang berlatar pendidikan berbeda-beda. Kita misalkan, yang berijazah D II, D III dan S 1 berhak mengikuti tes tahap I, selain itu, gagal.

Harus diperhatikan penulisan syaratnya. Tulisan D II, D III atau S 1 yang ditulis pada kolom syarat, maka dalam rumus, juga harus sama, karena jika tidak sama, excel akan tidak dapat membaca apa yang disyaratkan dan dianggap tidak memenuhi syarat. Kita boleh mencobanya, meskipun kita menulis S1 ( huruf S nyambung dengan angka 1 ) excel akan menulis hasil gagal, karena dalam rumus OR yang ditulis, S dan angka 1, ada spsinya.


Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah ini:
Contoh hasil penerapan funsi OR.





Kita lihat rumus pada kolom D.
( harap di ingat, penulisan rumus cukup ditulis pada satu cell, kemudian di copas ke bawahnya )




Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment